Lakukan 9 Aturan ini Jika Opinimu Ingin di Dengarkan!



Tidak perduli apakah di dunia pendidikan, pekerjaan, hingga terjun langsung ke masyarakat pasti kita akan di hadapkan dengan apa yang namanya diskusi antar rekan kerja atau teman. Entah itu dalam lingkup formal atau informal, yang pasti kita juga ingin jika opini kita juga di dengarkan orang lain. Nah, berikut 9 tips agar opini kamu di dengarkan oleh orang lain.

1. Tunjukkan bahwa kamu ber-empati saat berpendapat




Menunjukkan pendapat pribadi memang baik, namun alangkah baiknya jika kamu juga bisa menghargai pendapat orang lain. Bukan hanya dirimu saja. Perhatikan saat orang lain mengajakmu bicara, dan kamu juga bisa menanggapi pendapatnya dengan memberikan kesan empati kepadanya. Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui gambaran pemikiran lawan bicaramu.

2. Berikan pendapat yang berdampak positif dan berguna bagi banyak orang



Setiap opini hendaknya harus mempunyai dasar-dasar yang kuat, bahkan kalau perlu kamu bisa menambahkan fakta dalam opinimu itu. Jika tidak, pasti opinimu akan dengan mudah dibantah. Selain itu, pastikan juga jika opini yang kamu sampaikan itu juga berguna bagi banyak orang bukan hanya dirimu.

3. Hindari kalimat yang bisa menyebabkan konflik



Di dalam sebuah diskusi apapun itu, pastikan jika kamu menggunakan kata-kata yang tepat dalam menyampaikan opini kamu. Karena jika kamu sampai salah memilih kata-kata, meskipun kamu mempunyai alasan yang baik tak jarang opinimu malah bisa ditentang orang lain.

4. Jadilah pendengar yang baik



Lagi-lagi hal yang harus di tekan adalah rasa egoisme itu sendiri. Karena orang yang baik bukan hanya pandai mengutarakan sesuatu, namun ia juga senantiasa mendengarkan pendapat orang lain serta ikut mengambil bagian di dalam pembicaraan itu.

5. Jangan mengajukan opini yang terkesan untuk keuntungan pribadi



Meskipun kamu mempunyai dasar-dasar yang kuat untuk sebuah opini yang akan kamu sampaikan, pasti kamu akan di hadapkan dengan sebuah pilihan. Orang yang benar adalah orang yang tidak hanya mementingkan pribadi. Cobalah untuk melihat suatu masalah dari kaca mata orang lain. Dengan begitu kamu akan tau apa yang mesti kamu lakukan.

6. Mulai berpendapat yang kamu setujui secara penuh



Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan berpendapat yang kamu setujui secara penuh. Akan repot jadinya jika kamu berpendapat, namun kamu sendiri kurang setuju dengan pendapatmu itu. Jika kamu sendiri kurang setuju, lalu bagaimana dengan orang lain?

7. Tunjukkan jika opini kamu memang di butuhkan



Dalam sebuah diskusi, kamu juga mempunyai kedudukan yang sama dengan orang lain. Artinya, kamu juga berhak untuk memberikan setiap solusi dari segala permasalahan yang ada. Terkadang, permasalahan tertentu dapat di percahkan dengan pemikiran-pemikiran yang cemerlang. So mulai sekarang, tunjukkan jika opini yang kamu keluarkan juga di butuhkan dan berdasarkan fakta yang ada.

8. Cek persepsi kamu dan orang lain biar gak salah paham



Setiap orang pasti memiliki pendapat dan pemikiran yang berbeda. Hal itu pasti terjadi dan sudah menjadi hal lumrah dalam sebuah diskusi. Nah, untuk itu pastikan juga jika kamu bisa menyelaraskan serta mengklarifikasi pendapat kamu. Untuk apa? tentu saja agar tidak terjadi kesalah-pahaman.

9. Jangan membeda-bedakan pendapat berdasarkan orangnya.



Dalam sebuah diskusi, status seseorang seharusnya sudah tidak di permasalahkan. Terutama dalam diskusi pekerjaan, seharusnya kamu juga bisa menganggap dirimu itu sejajar dengan peserta diskusi lain. Sehingga apapun yang kamu utarakan murni untuk tujuan pekerjaan dan kepentingan bersama.

Nah, itulah 9 tips agar opini kamu di dengarkan oleh orang lain. Ayo mulai terapkan dalam hidupmu sekarang! Alangkah indahnya hidup saling menhormati dan menghargai.

Masih pilih-pilih cerita? Biarkan RadarMini merekomendasikan cerita terbaik untukmu!

0 Response to "Lakukan 9 Aturan ini Jika Opinimu Ingin di Dengarkan!"

Post a Comment